Cara Mengatasi Monitor mati karena resolusi Terlalu Tinggi

Jika anda mensetting resolusi monitor terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi, ada kemungkinan monitor anda tidak kuat untuk mengaplikasikannya. Nah, untuk memproteksi diri agar tidak rusak, maka monitor tersebut akan meniadakan gambar dan mematikan dirinya sendiri. Kalo sudah seperti ini, maka anda tidak akan mendapatkan gambar apapun. Kalo monitor anda jenis digital, mungkin akan menampilkan pesan “Out of range” atau sejenisnya. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing cara memperbaiki settingan agar monitor yang mati karena setting resolusi terlalu tinggi itu bisa nyala lagi tanpa harus install ulang. Ciri yang paling ketara dari settingan resolusi terlalu tinggi adalah komputer masih nyala seperti biasa, pada saat komputer nyala juga BIOS tampil seperti biasa, tetapi setelah windows progress windows anda muncul, tiba-tiba monitor anda blank.
Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan monitor. Berikut tips dan trik mengatasinya :
  1. Restart komputer.
  2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
  3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
  4. Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
  5. Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
  6. Restart komputer
Post title : Cara Mengatasi Monitor mati karena resolusi Terlalu Tinggi
URL post : http://krangganweb.blogspot.com/2011/06/cara-mengatasi-monitor-mati-karena.html

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Post a Comment