Gangguan Kesehatan Yang Tidak Boleh Diacuhkan

Jangan anggap sepele gejala atau gangguan pada kesehatan meski samar dan tidak jelas. Bisa jadi bila diacuhkan akibatnya fatal. Maka bila Anda merasakan keluhan atau tanda-tanda di bawah ini segera kunjungi dokter!

.Kehilangan Berat Badan tanpa Sebab
Kehilangan berat badan saat Anda tidak sedang mencoba melakukan diet mungkin akan menjadi kabar gembira bagi sebagian orang, namun kenyataannya dapat menjadi sinyal terjadinya gangguan kesehatan. Jika Anda kehilangan 10% dari seluruh bobot tubuh selama 6 bulan terakhir (misalnya turun 7 kg dari berat badan 68 kg) segera temui dokter. Tidak jelasnya berat badan berkurang secara drastis bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti overactive thyroid (hyperthyroidism), depresi, sakit pada hati, kanker, atau kekurangan nutrisi.

.Demam Tinggi Berkepanjangan
Demam adalah salah satu indikasi terjadinya penyakit. Saat demam terjadi, berarti tubuh Anda sedang bertarung melawan sebuah virus atau infeksi bakteri. Namun demikian, low-grade fever berkepanjangan – lebih dari 38.9 C – selama tiga hari terakhir atau lebih harus mendapat perhatian lebih dan segera dibawa ke dokter. Apalagi jika demam tinggi (di atas 40 C). Jika Anda memiliki masalah pada sistem kekebalan atau meminum obat yang melampaui sistem kekebalan tubuh, demam merupakan sebuah pertanda. Minta evaluasi dari dokter Anda. Demam berkepanjangan juga bisa menjadi sinyal dari infeksi tersembunyi, bisa jadi urinary tract infection (infeksi saluran kencing) hingga tuberculosis.

.Napas Pendek
Merasa napas Anda lebih pendek dari biasanya, namun bukan disebabkan oleh hidung mampet atau selesai berlatih fisik? Bisa jadi merupakan pertanda gangguan kesehatan. Jika Anda merasa napas Anda terlalu pendek, sering sesak napas atau bersin-bersin, segera minta bantuan medis. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari chronic obstructive pulmonary disease, bronchitis kronis, asma, pneumonia, darah beku di paru-paru atau bahkan jantung.

.Perubahan Kebiasaan di Perut
Orang kerap bertanya-tanya apakah arti normal jika berkaitan dengan perut . Jawabannya sangat bervariasi, namun jika masih dalam jangka waktu tiga kali sehari atau tiga kali seminggu masih bisa dikatakan normal. Cari tahu seperti apa karakter perut Anda. Segera hubungi dokter jika Anda menyadari telah terjadi hal yang tidak biasa di dalam perut Anda seperti: bloody stools, diare, sembelit lebih dari tiga minggu, atau mual dan mulas berkepanjangan dan feses berwarna gelap. Jika hal ini terjadi, mungkin perut Anda telah terinfeksi bakteri– seperti campylobacter atau salmonella – atau infeksi akibat parasit di dalam perut.

.Mengigau
Mengigau biasanya terjadi akibat bingung mendadak dan terjadi perubahan mental, seperti ketidaksadaran atau agitasi . Teman baik atau anggota keluarga bisa jadi orang-orang yang menyadari gejala ini. Segera lakukan pemeriksaan medis jika terjadi gejala-gejala: sering bingung, disorientasi-bingung tentang waktu atau tempat, perubahan sikap atau kerpibadian misalnya menjadi agresif, masalah pada konsentrasi atau daya ingat. Perubahan sikap atau sering lupa bisa diakibatkan oleh banyak hal. Mulai dari infeksi, anemia, kadar gula darah rendah atau bahkan gangguan kondisi psikis.

.Sering Pusing Mendadak
Pusing alias sakit kepala memang kerap dianggap biasa dan tidak terlalu dipedulikan banyak orang. Meski demikian, sering sakit kepala mendadak bisa jadi sinyal telah terjadi masalah serius pada kesehatan Anda. Segera temui dokter dan minta evaluasi medis jika Anda merasakan: sakit kepala mendadak, pusing diimbangi dengan demam, sakit leher atau pola baru sakit kepala setelah usia 55 tahun. Untuk hal yang terakhir, Anda mungkin menderita inflamasi pembuluh darah arteri di tengkorak, otak dan mata, sebuah penyakit langka yang kerap menyerang orang-orang berusia di atas 50 tahun. Pusing mendadak juga bisa menjadi sinyal terjadinya tumor otak.

.Mendadak Lemas, Pandangan Buyar & Susah Bicara
Jika Anda memiliki gejala seperti ini selama beberapa menit setiap hari, mungkin menjadi sinyal terjadinya stroke ringan. Segera minta pertolongan medis atau temui dokter jika Anda menderita gejala: lemas mendadak di sebelah tubuh, berkurangnya kualitas pandangan (buram atau malah hilang fokus), sulit bicara atau susah mengerti pembicaraan orang lain, pusing tanpa sebab atau tidak seimbang atau tiba-tiba jatuh.

.Sering Melihat Kilauan Cahaya
Anda sering seolah melihat kilauan cahaya? Ini mungkin pertanda gangguan pada retina mata Anda. Penanganan medis secepat mungkin bisa mencegah hilangnya penglihatan secara permanen.

.Kenyang Walau Makan Sedikit
Bila Anda menjadi lebih cepat merasa kenyang daripada biasanya walaupun Anda makan dalam porsi yang kecil selama lebih dari seminggu, segera temui dokter. Apalagi bila diikuti dengan gejala lainnya seperti mual, muntah, perut kembung, demam dan naik atau turunnya berat badan. Jika iya, segera beritahu dokter Anda tentang gejala-gejala ini. Hal tersebut mungkin sebuah indikasi terjadinya sindrom iritasi pada perut atau pencernaan, perut terasa terbakar atau panas di ulu hati atau masalah perut lainnya.

.Nyeri dan Panas di Persendian
Jika salah satu persendian Anda merasa nyeri atau panas berkepanjangan, itu mungkin menjadi sinyal infeksi persendian yang membutuhkan penanganan medis. Mungkin saja itu menjadi pertanda tipe arthritis (radang sendi).

semoga bermanfaat Gan & Sis...
cari sumber di sehat+
Post title : Gangguan Kesehatan Yang Tidak Boleh Diacuhkan
URL post : http://krangganweb.blogspot.com/2011/06/gangguan-kesehatan-yang-tidak-boleh.html

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Post a Comment