Jembatan Selat Sunda akan menjadi kenyataan

Akhirnya, Jembatan Selat Sunda akan menjadi kenyataan




SERANG- Irasional. Begitulah tanggapan orang pertama kali mendengar ide pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS). Pada awalnya, proyek itu tidak masuk dalam proyek infrastruktur unggulan. Namun, berkat lobi-lobi dua kepala daerah yakni Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, proyek urutan teratas dari 16 proyek infrastruktur unggulan itu -diperkirakan menelan dana 25 Miliar US Dollar- segera menjadi kenyataan.

''Untuk bisa masuk ke dalam 16 proyek infrastruktur unggulan itu, tidak terjadi ujug-ujug. Tapi melalui perjuangan panjang, dan lobi-lobi ke pemerintah pusat yang cukup intensif. Alhamdulillah, saat ini, proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda tinggal menunggu Perpres-nya saja. Insya Allah tahun 2014, pengerjaannya sudah bisa dimulai,'' ungkap Shaleh MT, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Pemprov Banten yang menjadi narasumber dalam diskusi terbuka yang dihelat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Banten di Ballroom Hotel Ratu Bidakara, Kota Serang, Senin (16/5/2011) lalu.

Dalam diskusi yang bertema Prospektif Percepatan Pembangunan Jembatan Selat Sunda Dalam Peningkatan Taraf Hidup masyarakat ini, Shaleh menambahkan, progress rencana pembangunan proyek tersebut dibahas intensif di Kementerian Pekerjaan Umum. Jika rampung kelak, Jembatan Selat Sunda akan menambah deretan jembatan terpanjang di dunia.

''Belum lama ini, Kementerian PU mengundang ahli vulkanologi membahas apakah Jembatan Selat Sunda aman dari jangkauan ledakan Gunung Anak Krakatau? Mereka (ahli vulkanologi,red) menjamin, Jembatan Selat Sunda aman dari ledakan Gunung Anak Krakatau, minimal untuk 100 tahun ke depan,'' tambah Shaleh.

Sementara itu, Direktur PT Bangungraha Sejahtera Mulia, Agung R Prabowo, mengatakan JSS nantinya akan menggabungkan dua kekuatan ekonomi yakni Pulau Jawa dan Sumatera. Selama ini, lanjut Agung, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera itu ibarat dua mesin ekonomi yang berputar sendiri-sendiri. Diungkapkan Agung, pihaknya mengusulkan titik pembangunan JSS di Pulau Jawa adalah kawasan Anyer (Kabupaten Serang)-Bakaheuni, bukan Merak (Kota Cilegon)-Bakaheuni.

''Inilah frase lintasan terpendek. Selain itu, dengan titik di selatan Banten itu (Anyer,red) diharapkan perekonomian Banten bagian selatan tumbuh. Kalau di Merak, saat ini saja, perekonomiannya sudah tumbuh. Demikian juga di Lampung. Untuk itu, nantinya Pemprov Banten juga harus membangun sarana infrastruktur pendukung lainnya. Jadi, jalan-jalan di Banten selatan juga harus dibangun,'' tambah Agung.

Agung mengatakan, nantinya JSS akan menjadi jembatan multi fungsi. Selain sebagai lalu lintas penyeberangan mobil dan motor -direncanakan masing-masing ruas ada 3 lajur- di bagian tengahnya ada jalur kereta. Tak hanya itu, bagian bawah jembatan itu akan difungsikan untuk pipa gas, pipa minyak, kabel fiber optik dan kabel listrik. Sedangkan untuk fasilitas penerangan jalan umum, akan dipakai teknologi listrik tenaga angin yang ketersediannya melimpah.

''Jembatan ini (JSS,red) akan menjadi jembatan dengan rentang terpanjang di dunia yakni 2.200 meter dengan total jarak keseluruhan adalah 29 kilometer,'' pungkas Agung seraya mengatakan masa pengerjaan JSS berkisar 8-10 tahun. (asp)



INILAH 5 JEMBATAN TERPANJANG DI DUNIA

Danyang-Kunshan

Inilah yang terpanjang di dunia (164 kilometer). Pembangunan jembatan dan rel kereta api yang menghubungkan Kota Danyang dan Kunshan ini menghabiskan Rp 288 triliun. Mulai dibangun pada 2008, diperkirakan jembatan ini akan rampung tahun ini. Dengan jembatan itu, masa tempuh Beijing-Shanghai akan terpangkas sembilan jam. Dua zona ekonomi Cina, yakni tepi Laut Bohai dan Delta Sungai Yangtze, juga bakal terkoneksi.

Jembatan Kedua Pulau Pinang

Jembatan yang menghubungkan Batu Kawan di Seberang Perai dengan Batu Maung di Pinang, Malaysia, ini panjangnya 24 kilometer. Dibangun sejak November 2008, proyek ini sekarang masih dalam tahap penyelesaian. Biaya pembangunannya mencapai Rp 8,6 triliun.

Bang Na Expressway

Jembatan jalan tol di Thailand ini panjangnya 55 kilometer. Sepuluh tahun lalu, Guinness World Records menabalkannya sebagai jembatan terpanjang di dunia. Proyek jembatan ini dibangun selama tiga setengah tahun dengan biaya sekitar Rp 1 triliun. Pembangunannya membutuhkan 1,8 juta meter kubik beton untuk menopang 12 jalur jalan bebas hambatan.

Qindao Haiwan

Jembatan sepanjang 42,5 kilometer menghubungkan tiga kota pantai di Provinsi Shandong, Cina. Panjang jembatan ini sekitar delapan kali Jembatan Suramadu di Jawa Timur. Proses pembangunannya menghabiskan waktu empat tahun dengan anggaran Rp 77,4 triliun. Jembatan ini resmi dibuka pada akhir 2010.

Weinan Weihe

Jembatan terpanjang kedua di dunia ini juga ada di Cina. Jembatan Weinan Weihe ini panjangnya 79,7 kilometer, dan menghubungkan Kota Zhengzhou dan Xian. Pembangunannya menghabiskan waktu tiga tahun, dan baru rampung pada 2008.

sumber: http://ratuatut.com/berita/banten/17...jadi-kenyataan
Post title : Jembatan Selat Sunda akan menjadi kenyataan
URL post : http://krangganweb.blogspot.com/2011/06/jembatan-selat-sunda-akan-menjadi.html

0 komentar:

Show Emoticons

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :q: :s:

Post a Comment